Kamis, 22 Oktober 2015

Kunjungan Pertama Mengajar SDN 12 Pagi, Jakarta Barat Kelompok 5

 




 Community Program


Kami dari kelompok 5 melaksanakan tugas Character Building dengan bekerja sama melalui Teach for Indonesia (TFI) untuk melakukan pengajaran untuk murid-murid yang berada di bangku Sekolah Dasar. Kami sekelompok mencari infomari tentang sekolah-sekolah yang tidak jauh dari kampus atau yang masih di daerah Kamanggisan. Beberapa daftar sekolah dasar daerah kemanggisan sudah kami dapati dan kami langsung menghubugi satu demi satu untuk meminta izin apakah sekoklahnya bisa untuk kami datangi atau tidak. Sekolah Dasar Kemanggisan 12 Pagi langsug bersedia menerima kelompok kami, kami segera melanjutkan pertemuan di keesokan harinya untuk memberikan surat izin dan mengatur jadwal untuk mengajar. Ketika kami mendapat kesepakatan dari sekolah kami langsung dateng kembali dan langsung mengajar bahasa inggris karena kelompok kami memutuskan untuk mengajar bahasa inggris. Kami diinformasikan melalui kepala sekolah bahwa kami akan mengajar murid kelas 5.


Pertemuan pertama kami pada hari Kamis, tanggal 21 Oktober 2015 berkenalan dengan wali kelas karena sebelumnya belum sempat ketemu setelah itu baru kami memulai perkenalan dengan murid-murid kelas 5. Kami sekelompok berdiri di depan kelas sambil memperkenalkan diri sendiri dengan bahasa inggris. Kita meminta murid-murid untuk melakukan hal sama dengan berdiri di tempat untuk memperkenalkan dirinya dan hobinya. Kami melalui dari anak yang duduk paling depan dilanjutkan kesamping hingga sampe ke anak yang duduk paling belakang.
        

Untuk pertemuan pertama ini kami akan memberikan games sebelumnya kami mengajarkan menyanyi, karena lagu ini akan dinyanyikan ketika ada murid yang kalah dalam games ini. Kami memulai menyakikan laguThe Itsy Bitsy Spider” untuk mencotohkan kemudian murid-murid mengikuti menyanyi. Lagu ini kami ulang sampai 3x sehingga murid-murid hafal dengan nada dan cara bacanya.

Setelah bernyanyi kami memulai games pesan berantai, sebelumnya kami membagi kelompok sesuai barisan meja sehingga ada 4 kelompok. Kami memberikan pengarahan tentang aturan dalam games ini dan membagikan selembar kertas kepada murid yang paling belakang. Anak-anak sangat antusias ketika dicontohkan gamesnya sampai beberapa di antara mereka ingin cepat-cepat memulai games ini ada juga juga yang berkata “Jangan susah-susah ka kalimatnya”. Kami sekelompok menyebar ada 4 orang didepan dan 2 orang di belakang. Keempat orang yang didepan ini memberikan satu kalimat dalam bahasa inggris kepada murid yang paling di depan kemudian temannya meneruskan membisikan kepada murid di belakangnya hingga yang paling belakang menulis apa yang disampaikan temannya di selembar kertas. Kami sekelompok sangat senang melihat anak-anak mau belajar dengan baik melalui games pesan berantai. Tak terasa waktu tersisa 20 menit lagi kami mengulang permainan ini untuk yang terakhir dan mencari siapa yang kalah. Kelompok yang klah kami menyuruh maju dan menyanyikan lagu yang tadi dan kembali duduk. Setelah semuanya selesai kami sekelompok menutup proses pengajaran dengan doa yang dipimpin oleh salah satu murid.

 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar